kelebihan dan kekurangan lantai vinyl

Bagi Anda yang masih belum familiar dengan lantai vinyl, mari kita bahas. Harga vinyl lantai per meter memang cukup terjangkau. Lantai vinyl merupakan sejenis pelapis pada lantai dari bahan vinyl dan tersedia lewat bentuk ubin atau lembaran. Selain itu, lantai vinyl adalah sejenis lantai yang harganya paling terjangkau dibandingkan pelapis lantai jenis lainnya. Inilah alasan kenapa banyak orang menggunakan lantai vinyl sebagai pelapis lantai.

Bagi Anda yang tertarik dengan lantai vinyl, ada beberapa keunggulan dan kekurangan dari lantai vinyl,


Berikut kelebihan yang dimiliki oleh lantai vinyl :

  1. Permukaan Lebih Halus
    Lantai vinyl mempunyai permukaan lebih halus jika dibandingkan lantai solid wood. Lantai vinyl juga mempunyai lapisan bawah yang berupa kain atau busa sehingga membuatnya terasa lembut dan nyaman saat dipijak.
  2. Banyak Corak dan Warna yang Tersedia
    Lantai vinyl menawarkan berbagai macam corak, gaya, dan warna. Hal ini dikarenakan, lantai vinyl adalah lantai pabrikasi yang produksinya biasanya disesuaikan dengan warna dan corak asli dari material kayu. Dengan kata lain, jika dilihat sekilas lantai ini tak jauh berbeda dari lantai parket atau lantai kayu asli.
  3. Awet dan Tahan Lama
    Tingkat ketahanan dan keawetan dari lantai vinyl lebih lama, inilah alasan kenapa banyak orang lebih memilih pelapis lantai yang satu ini. Pasalnya lantai vinyl bisa bertahan hingga kisaran waktu 15-20 tahun lamanya. Dengan perawatan yang sangat mudah. Dalam hal ini, Anda cukup dengan menyapunya dan mengepelnya saja secara rutin agar debu dan kotoran pada lantai hilang, sehingga lantai pun tetap bersih.
  4. Harga Terjangkau
    Keuntungan lainnya ialah harga vinyl per meter bisa dikatakan lebih terjangkau dibandingkan pelapis lantai yang lainnya.


beberapa kekurangan pemakaian lantai vinyl, diantaranya sebagai berikut:

  1. Kurang Cocok Bagi yang Sensitif Dengan Bahan VOC
    Dikarenakan lantai vinyl sendiri terbuat dari bahan PVC atau Polyvinyl Chloride. Dimana PVC bisa melepaskan Volatile Organic Compounds atau VOC ke udara yang bisa menyebabkan bahaya bagi orang yang hipersensitif terhadap bahan tersebut. Namun Anda tak perlu khawatir, karena dewasa ini pemakaian bahan PVC pada lantai vinyl sendiri mulai dikurangi.
  2. Mudah Copot dan Mengelupas
    Perhatikan pemasangan pelapis lantai vinyl ini dengan benar. Sebab jika lantai pada lapisan pertamanya dalam kondisi kurang maksimal, lantai vinyl bisa lebih mudah copot dan mengelupas. Sehingga dampaknya bisa mengurangi tingkat keawetan dan kualitas lantai vinyl itu sendiri. Dengan kata lain, dalam pemasangannya Anda harus memastikan lapisan pertama lantai harus dalam kondisi yang maksimal. Hal ini berbeda dengan cara pasang lantai parket yang tak cukup mudah.
  3. Mudah Tergores
    Dikarenakan vinyl adalah pelapis lantai dan bukan seperti kayu parket atau solid wood flooring, maka penggunanya harus berhati-hati saat memindahkan barang, atau sejenis benda tajam sebab jika menggores lapisan lantai vinyl, bisa membuat lantai sulit untuk diperbaiki serta harus menggantinya.

Meskipun masih memiliki kekurangan, tapi lantai ini bisa menjadi alternative bagi Anda yang merasa keberatan dengan harga parket per meter atau harga lantai kayu yang cukup mahal.

Bagi anda yang membutuhkan Lantai Vinyl, silahkan hubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp PesanGorden